2009-09-24

Asal Usul Ucapan

Semoga kita semua termasuk golongan yang kembali fitrah (suci seperti bayi) dan termasuk orang yang meraih kemenangan (melawan hawa nafsu selama bulan suci ramadhan)


Ket : Ku Jepret Ketupat Bikinan Emak koe...! hehehe


Minal Aidin Wal Faidzin
Kita pasti hapal dengan ucapan ini. Di hari raya Idul Firi mengucapkannya, mengikuti ucapan "SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI", tapi itu hanya di negara kita saja. Sementara di Negara lain tidak mengenal ucapan khas ini, meski berasal dari bahasa arab. Sebagian ulama menyatakan ucapan ini berasal dari bahasa lokal yang dibahasa arabkan.

Arti Minal Aidin Wal Faidzin
Kita kadang salah mengartikan ucapan ini yang berkembang di masyarakat. ucapan ini di artikan menjadi mohon maaf lahir dan bathin. Arti sebenarnya adalah " Semoga kita semua termasuk golongan yang kembali fitrah (suci seperti bayi) dan termasuk orang yang meraih kemenangan (melawan hawa nafsu selama bulan suci ramadhan)."

Taqoblallahu Minna Waminkum
Ucapan ini adalah doa yang selalu dipanjatkan setiap orang kepada sanak kerabatnya ketika hari raya idul fitri. Seluruh umat Islam di dunia lebih mengenal ucapan ini, artinya " Semoga Allah SWT menerima ( amal ibadah ) aku dan kalian". Menurut sejarahnya, Nabi Muhammad SAW selalu mengucapkan doa ini kepada para sahabatnya di hari raya.

Halal Bihalal
Diartikan sebagai kesempatan silaturahmi diantara lingkungan keluarga, sekolah, kantor atau kelompok masyarakat. Biasanya diadakan dalam rangka hari raya Idul Fitri. Kegiatan Halal Bihalal sudah lama dilakukan di Indonesia. Semua orang bersalaman dan berpelukan sebagai tanda ucapan selamat dan saling memaafkan. Meski memakai bahasa arab, kata halal bihal tidak dikenal di negara lain. Kegiatan ini adalah tradisi bersilaturahmi di negara kita.

3 comments:

  1. good post you...

    mungkin sekarang kita dalam memaknai lebrang sudah sedikit bergeser dari makna sebenarnya...
    kaena pengaruh perkembangan zaman atau mungkin sudah trend setiap lebaran tiba orag ramai-ramai memamerkan hal-hal yang serba baru, mulai dari mempercantik diri hingga rumah dan lainya...
    bukankan kemengan adalah bagaimana kita dalam melawan hawa nafsu...???

    ReplyDelete
  2. wah, nambah wawasan lagi neh.. thanks ya...

    ReplyDelete
  3. Rizal...
    Iya x tp Tergantung Individunya jg ya, eh qk balik nanya, he...

    Rauf Rahum,...
    Thanks dh mampir bro...

    ReplyDelete

 
© 2012 Planet Jingga. Natuna Network Natuna | Abrizal.