2009-09-05

Ikhlas

Ikhlas adalah satu kata yang gampang diucap tapi susah dipraktekkan. Kita sendiri sangat sering luput dari sifat ini. Padahal ini menjadi salah satu syarat penting diterimanya satu amalan. Karena amal yang diterima Allah SWT itu, selain harus ada contohnya dalam agama, harus dilandasi rasa ikhlas.

Ikhlas adalah buah dan intisari dari iman. Secara bahasa, ikhlas bermakna bersih dari kotoran dan menjadian sesuatu bersih dan tidak kotor. Maka orang yang ikhlas adalah orang yang menjadikan agamanya murni hanya untuk Allah SWT dengan menyembah-Nya dan tidak menyekutukannya dengan yang lain dan tidak riya dalam beramal.

Dalam istilah, ikhlas berarti niat mengharap ridha Allah SWT saja dalam beramal tanpa menyekutukan-Nya dengan yang lain. Memurnikan niatnya dari kotoran yang merusak.

Keikhlasan meyebaban beramal menjadi nikmat, tidak membuat lelah dan segala pengorbanan tidak terasa berat. Sebaliknya, amal yang dilakukan dengan riya akan menyebabkan amal tidak nikmat. Pelakunya akan mudah menyerah dan selalu kecewa.

4 comments:

  1. Dan...ikhlas hanya YME dan yang bersangkutan yang mengetahuinya.
    Orang lain hanya bisa menilai dari luarnya...

    ReplyDelete
  2. seperti saya yang selalu ikhlas berkunjung disini...heee..heee....

    memang untuk mencapi keikhlasan tidak mudah sehingga tingkatan ini dalam agama disebut orang2 yang mukhlisin...

    btw: mbe kabo you....

    ReplyDelete
  3. Sendal baru saya kemaren hilang,....diikhlasin apa gak ya ? xixixi

    ReplyDelete
  4. Om srex...
    Benar om hanya kita dan yang di Atas yang tau...walau kadang-kadang kikhlasan itu dinilai orang secara negatif, seolah-olah ada maunya...

    Rizal...
    Ya mksh bro, sering-sering aja berkunjung, he he

    Bongjun...
    Ikhlaskan saja bong, beli yang baru, besok hilangkan lagi, xixixi

    ReplyDelete

 
© 2012 Planet Jingga. Natuna Network Natuna | Abrizal.