2010-06-08

Mohon Jawaban

Pernahkah sobat, saudara, anda dan semua orang yang berkecimpung didunia bloggersphere berpikir seperti saya yang selalu bertanya dalam hati misalnya untuk siapa saya menulis, apa yang telah saya tulis, apa yang saya dapatkan dari menulis, sampai kapan saya harus menulis, apa mamfaat dari tulisan saya untuk 10 atau 20 tahun kedepan? apa yang terjadi dengan blog saya jika saya tidak menulis lagi? dan sampai kapan tulisan saya di baca orang? Kata tulis disini saya maksud adalah ngeblog,...

Pernahkah sobat meninggalkan blog sementara misalnya dalam waktu satu bulan dan danpaknya alexa rank sobat langsung gendut pertanda pengunjung sudah mulai sepi, apakah kita harus selalu menulis terus menerus supaya pengunjung tetap ramai? dan alexa rank jadi kurus...? Sanggupkah?

Terlalu banyak pertanyaan ya, maaf..Pernahkah sobat melihat suatu blog tulisannya cuma 2 atau 4 halaman tapi pengunjungnya berjubel?...dan bertahan untuk bertahun-tahun lamanya? Pernahkah sobat ngeblog pada masa kejayaan komentar diblog kita begitu ramai dan sewaktu-waktu tidak ada yang komentar. Pernahkah sobat merasa tulisan paling lawas saudara di komentari pengunjung karena tertarik dengan tulisan kita tersebut, kalau sudah pernah atau ada apa yang saudara rasakan,..tentu senang bukan? karena tulisan lawas kita masih ada yang peduli atau bermamfaat? (tidak termasuk tulisan yang berbau sara ya!)



Tidak sedikit blogger yang berhasil dalam ngeblog, walau bukan berhasil dari materi yang ia dapatlkan tapi tulisan yang ia tuliskan berubah menjadi buku, jadi pusat ilmu atau informasi...tentu yang ia rasakan pertama kali adalah kepuasan tersendiri yakni kepuasan yang bisa dinikmati oleh orang lain...lain halnya jika puas sendiri tapi orang lain tidak menikmatinya ya?

Sudah dulu ah, pertanyaan saya terlalu banyak, saya hanya bertanya, apa jawaban sobat atas pertanyaan saya ini...apa bayangan saudara terhadap blog milik sobat untuk 10 atau 20 tahun kedepan....????

8 comments:

  1. pertanyaannya berat juga nih :D tapi kalo saya sih selama masih enjoy akan terus ngeblog, kalau sudah jadi beban mungkin akan berhenti.. soal blog saya puluhan tahun ke depan, bayangan saya nanti saya akan tersenyum melihat tulisan2 saya sendiri sewaktu "muda" dulu.. :D

    ReplyDelete
  2. bener bro..memang susah untuk dijawab, tapi menurut saya nih, tergantung tujuan kita ngeblog....
    kalau saya selain buat kesenangan juga menambah pengalaman dan teman so...masalah traffick dan lainnya adalah bonus...he..he..

    happy blogging bro...

    ReplyDelete
  3. yang penting jalani saja. ngeblog yang paling utama jangan utamakan pendapatan. tapi utamakan manfaat.

    ReplyDelete
  4. kalau kawan tidak pernah berpikir tentang pertanyaan 2 diatas,...ngeblog hanya untuk meluahkan pikiran, jadi tidak pernah memikirkan apakah dibaca atau dikomentari oleh orang lain. Hitung-hitung belajar menulis. kalaupun ada yang memberi komentar itu adalah bonus kecil yang menambah semangat untuk terus menulis hehehe....happy blogging yow.

    ReplyDelete
  5. Aku cuma menikmati Blogging aja Sob....klo masalah 10 tahun atau 20 tahun kedepan ya tetep ga kejawab haha..........selama aku bisa nulis kayanya aku bakal tetep Ng'blog hhhe..

    Semangat!!

    ReplyDelete
  6. Bnr jg sobat, sama, sy jg prnah terlintas pertanyaan2 itu, tp intinya sih, dr dulu sy pnya hobi menulis, jd ttp akan begitu smpe kpnpun...
    trs ngeblog jgn putus asa.
    ngeblog itu bkn hnya sekedar mencari org yg berkunjung, tp menambah wawasan kita, apalagi jika kita yg mlh sering berkunjung ke blog2 sobat2 kita.

    tulis aja apa yg ingin km tulis!

    ReplyDelete
  7. menuangkan ide, berbagi pengetahuan mungkin dua hal itu tujuan saya menulis di blog, dan saya berharap tulisan yang ada di blog saya dapat memberikan sedikit nilai tambah, setidaknya jadi referensi bagi saya pribadi karena terkadang apa yang sudah saya tulis terlupakan oleh saya sendiri di kemudian hari.

    ReplyDelete
  8. all..makasih kunjungan dan komentarnya :)

    ReplyDelete

 
© 2012 Planet Jingga. Natuna Network Natuna | Abrizal.