2010-12-09

Pilih Joomla Atau WordPress

Di saat pertama kali aku membeli domain, pertanyaan pertama sekali di benakku adalah blog platform atau CMS mana yang akan aku gunakan apakah memakai Joomla atau WordPress? Sebelum aku memulai menentukan, jauh-jauh hari sebelum aku membeli domain dan hosting mempelajari dari melihat bermacam-macam contoh blog , membaca kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kalau di lihat kelebihan dan kekurangan Joomla dan WordPress secara orang awam dalam hal Blogging, aku lihat tidak ada kekurangannya, kedua-duanya bagus. Tapi ingat, bagus yang aku maksud adalah jika anda benar-benar membuat web atau blog seperti apakah nantinya.

Sekali lagi aku ingatkan, ini adalah pengalamanku semata yang telah mencoba merasakan menggunakan kedua platform ke dua CMS tersebut, berikut sedikit gambaran secara garis besar yang mungkin bisa anda jadikan pertimbangan kelak. :)

WordPress.
Pilihan pertama domain yang aku beli saat itu adalah menyewa hosting dan memulai memakai CMS WordPress, karena aku tertarik dengan pelajaran yang aku dapati dari hasil googling, selain mudah mengatur permalink yang SEO friendly, juga tersedia banyak pilihan plugin dan template yang bagus-bagus serta GRATIS lagi. Ya saat itu adalah benar-benar pengalaman pertama kali aku menggunakan WordPress selfhosting secara otodidak dan aku nilai WordPress memang cocok untuk pemula yang ingin memiliki dan ingin bereksprimen ngeblog dengan nama domain sendiri. Yang aku sukai dari WordPress adalah semuanya serba gratis, gratis tapi berkualitas, apalagi yang premium di jamin top. Jika ada update terbaru baik dari WordPress itu sendiri, plugin, template semuanya bisa kita ketahui dan eksekusi dengan menekan tombol update di dashboard admin blog kita, langsung beres, jika gagal keluarkan jurus terakhir, yaitu lapor pihak hosting :) , tapi ini jarang terjadi, karena biasanya pihak hosting sudah mengatur agar blog WordPress kita bisa serba otomatis jika ingin melakukan instal atau update plugin, template dll.


Joomla.
Hanya sedikit yang aku ketahui tentang CMS Joomla ini, namun berdasarkan pengalamanku Joomla memang benar-benar hebat, powerfull dan bergengsi. Karena jika anda sudah memulai menggunakan CMS satu ini anda harus benar-benar menyusun rencana dari awal sampai akhir, tulisan atau apa saja yang akan anda kembangkan nanti. Jadi tidak bisa sembarangan karena malah nanti akan tambah berantakan dan tidak kelihatan profesional :) . Joomla bagus jika anda ingin membuka sebuah website Toko online. Karena saat itu aku membuat blog pribadi jadi ku rasa kurang puas, karena aku tidak bisa sebebas mungkin mengekspresikan blogku dari hal menggunakan template, modul, dan plugin. Walau CMS Joomla ini gratis di Gunakan namun sayang template, plugin, dan modul banyak yang berbayar punya alias tidak gratis, ada yang gratis tapi tidak cocok atau tidak bagus dan tidak maksimal. Jadi jika ingin bagus, maka anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli template, modul atau plugin yang benar-benar anda inginkan agar kelihatan menarik. Selain itu yang aku ketahui, jika kita ingin memiliki template yang premium alias yang berbayar punya, siap-siap anda harus memliki koneksi yang bagus, karena anda akan mengupload file tersebut dengan ukuran yang besar sekali, dimana template yang kita beli tersebut sudah terinstal modul dan plugin bawaan template tersebut yang sudah menyatu. Jika koneksi internet anda lelet, akan terbuang percuma template yang anda beli dengan harga yang lumyan mahal.

Pengalaman yang aku dapatkan ini hasil dari uji coba di blog natuna.org, awalnya blog tersebut aku coba menggunakan CMS WordPress kemudian CMS Joomla dan kemudian lagi balik ke asal menggunakan CMS WordPress, bagi aku sendiri WordPress cocok buat anda yang suka bosan akan tampilan theme blog anda, senang mengutak atik atau mengganti theme, tersedia banyak pilihan plugin dan theme atau template yang menarik dan Gratis. Bagaimana dengan anda apakah tertarik menggunakan WordPress atau Joomla?

1 comment:

  1. kalau saya tetap setia dengan wordpress, sangat mudah dan gak ribet, menurut saya joomla terlalu kompleks, lebih cocok buat cms bukan buat blog

    ReplyDelete

 
© 2012 Planet Jingga. Natuna Network Natuna | Abrizal.