2011-07-27

Blog Kamu Isinya Bagus Tapi.....

Dunia blogging tidak bisa lepas dari menjaring trafik sebanyak-banyaknya, selain isi tulisan yang harus diperhatikan jangan lupa pula memperhatikan tampilan blog kita agar di senangi pengunjung. Saya ingat pertama sekali memulai dunia blogging 4 tahun silam, dimana pada pojok kiri atau kanan sidebar saya di penuhi widget yang tidak penting, dari kotak shoutmix yang bikin berat loading blog sampai background template atau gambar header yang super berat saat dibuka. *malu. (Saat ini saya tidak memikirkan lagi keindahan tampilan blog)

Mungkin saat itu apa yang bagus di benak saya langsung di comot dan di letakkan di sidebar walau widget-widget tersebut tidak penting-penting amat. Belum lagi baner-baner tukarlink otomatis seperti freebacklink padahal untuk mengumpulkan backlink sebanyak-banyaknya kita harus membuat blog yang banyak pula jika sanggup saya jamin jika anda aktif menulis di beberapa blog maka pagerank cepat dan mudah akan anda dapat. kemudian memasang banner untuk memajang pagerank blog, lebih baik mengeceknya lewat browser saja seperti menggunakan addon pagerank checker untuk browser mozilla, walah kalo bisa dikilo mungkin ukurannya bisa mencapai 1 karung beras bulog. *wkwkwk. Tapi saya insyaf kq, saya sadari pengunjung tidak butuh yang begituan, yang mereka butuhkan adalah apa yang kita sajikan berupa tulisan, walau dari segi tampilan harus juga diperhatikan keindahannya dan diharapkan bisa menghibur pengunjung namun jangan sampai mengganggu pandangan mereka dan mempermudah mereka mengaksesnya.

Hal ini saya sadari setelah saya mulai vakum menulis, saya jadi blogger pasif dimana saya hanya suka membaca di blog-blog lain dan kadang saya merasa kesal juga jika menemui blog yang isinya bagus tapi beratnya minta ampun. Atas bawah kiri kanan penuh dengan widget yang saya rasa tidak penting. Bukankan kita membuat blog untuk dikunjungi dan tulisan kita untuk dibaca orang? (tidak berlaku untuk blog Auto Generate Content). Tapi mengapa justru blog yang bagus itu susah di buka? Padahal kita ketahui rata-rata kecepatan internet di Indonesia di bawah rata-rata, hanya daerah tertentu saja yang mungkin memiliki koneksi cepat. Bukankah kita ingin dikunjungi oleh banyak orang bukan untuk satu wilayah saja? Saya sendiri salut dengan blog yang simple, isi yang disajikan menarik baik lucu di konsumsi hingga bikin dahi saya berkerut untuk berpikir.

Walau bahasa inggris saya nihil tapi saya suka blogwalking di blog orang bule sekedar memperhatikan dan membandingkan tampilan blog mereka, rata-rata begitu simple mudah di akses cuma ada beberapa iklan saja yang menurut saya itu wajar. Padahal kita ketahui koneksi internet yang mereka miliki melebihi kecepatan internet di Indonesia ini. Mungkin mereka paham akan itu, dan mereka tidak membidik pengunjung di negaranya saja tapi untuk di baca seluruh dunia! Nah kalo kita boro-boro untuk seluruh dunia untuk seluruh indonesia saja terhalang (bahasa juga?) akibat blog kita yang loadingnya super berat. Jangankan pengunjung seperti saya protes, Google saja tidak menyukai blog yang loadingnya berat karena tidak bagus buat SEO (search engine optimation). Nah bagaimana dengan blog anda, masih beratkah? (kembali niat pertama anda untuk apa anda menulis di blog) *peace :)

No comments:

Post a Comment

 
© 2012 Planet Jingga. Natuna Network Natuna | Abrizal.